Cara Membuat Resensi

Resensi bagi saya adalah kegiatan yang menyenangkan. Di sana kita dapat mengikat makna buku-buku yang pernah kita baca.Pada artikel kali ini, saya akan membeberkan cara membuat resensi seperti apa yang saya lakukan dengan resensi-resensi buku dalam artikel di blog ini.

  • Membaca Buku

Membaca buku adalah kegiatan yang tak dapat dipisahkan dari resensi. Buku yang akan diresensi setidaknya dibaca secara keseluruhan sehingga kita mengetahui pesan yang ingin disampaikan penulis.

  • Menulis kalimat penting / kata kunci

Sediakan kertas kecil atau catatan untuk menuliskan kalimat-kalimat penting saat kita membaca buku. Tulislah kutipan kalimat tersebut beserta halamannya. Catatan kutipan ini berguna saat kita membuat ulasan resensi.

  • Membuat ulasan resensi

Pilah kata-kata atau kalimat yang akan kita gunakan untuk membuat ulasan resensi.Liarkan imajinasi dan cara pandang kita terhadap kalimat tersebut.Hubungkan dengan hal-hal lain yang terkait dengan tema atau bahasan isi buku.Susun dalam sebuah ulasan.

Tentang penyusunan ulasan ini saya menggunakan metode burger seperti yang pernah saya dapatkan dari Jonru. Pertama, tulislah seperti menyusun roti untuk lapisan bawah. Kedua, tulislah seperti memberikan menyusun sebuah salad, saus yang pedas, daging. Ketiga, tutup dengan roti kembali.

Semoga bermanfaat

About these ads

5 thoughts on “Cara Membuat Resensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s